Tampilkan postingan dengan label Kesehatan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kesehatan. Tampilkan semua postingan

20121206

Bahaya Memakai Bra Dan Tips Pencegahannya

Sebagian dari kita mungkin terkejut melihat judul yang saya angkat kali ini, bukan bermaksud jorok tetapi hanya untuk menambah wawasan tentang kesehatan khususnya bagi para perempuan. pasti timbul beberapa pertanyaan, kenapa memakai bra itu berbahaya. hal ini pasti lebih membingungkan bagi para wanita. sebelumnya kita sedikit membahas apa sebenarnya fungsi bra atau BH? pada zaman kecemerlangan dan kejayaan kerajaan Inggris, bra atau BH atau disebut kutang mulai diperkenalkan. fungsinya hanya untuk menutup bagian dada yang tidak tertutup habis oleh model pakaian pada waktu itu. seiring perkembangan zaman, BH atau dalam bahasa belandanya buste houder berubah bentuk dan fungsinya seperti saat ini.

Zaman sekarang bagi wanita, (jelas bukan dipakai pria,he) bra atau dalam bahasa prancisnya brassiere memiliki beberapa fungsi seperti menahan agar payudara tidak mudah kendor, memperindah tubuh, membentuk siluet tubuh yang indah, malahan ada beberapa produk yang menawarkan BH untuk memperbesar payudara. mungkin jika ditanya kepada para gadis - gadis pada saat ini, fungsinya hanya untuk menyembunyikan puting payudara agar tidak tampak pada saat mereka memakai baju.

Dibalik fungsi itu ada bahaya mengintip bagi pemakai bra. apa saja bahayanya?
  • Tidak nyaman
jika dipakai dalam waktu yang lama biasanya akan menimbulkan bekas yang terkadang menimbulkan rasa perih. rasa perih ini diakibatkan berkurangnya oksigen pada kulit serta diakibatkan oleh gesekan langsung antara kulit dengan bra
  • Sakit pada Punggung dan bahu

bahaya bra

beberapa wanita mengeluhkan sakit pada punggung akibat pemakaian bra. sakit ini disebabkan karena adanya beban yang disebabkan gaya tarik gravitasi antara punggung dengan dada. bayangkan saja jika hal ini terus berlanjut, maka rasa sakit ini akan semakin terasa dan dapat mengakibatkan bungkuk.
  • Resiko kanker
bra dapat memicu kanker payudara karena pemakaiannya menyebabkan tersumbatnya getah bening yang membuat toksin atau racun tidak keluar.
  • Payudara menjadi kendor
pemakaian bra dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ligamen sehingga saat tidak memakai bra ligamen didaerah punggung, dada dan sekitarnya tidak bisa menopang payudara. untuk lebih mudah memahami tentang liamen ini saya memberi contoh sama seperti kaki, jika jarang digunakan berjalan kaki maka akan mengalami gangguan pada persendian dan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelumpuhan. hal inilah kira - kira yang dimaksud denan disfungsi ligamen.

untuk menghindari hal diatas terjadi, kita dapat meminimalisirnya dengan cara :
  1. pilihlah bahan bra yang tidak menghambat sirkulasi udara payudara
  2. jangan menggunakan bra yang terlalu sempit
  3. pakailah bra yang bersih dan kering
  4. hindari pengunaan bra bercup kawat
  5. kurangi pemakaian bra, khususnya dirumah
hanya itu yang dapat saya bagikan kali ini. jika ada teman- teman yang ingin menambahkan dipersilahkan dikotak komentar dibawah ini. semoga bermanfaat

20120414

Cara Menjaga Kehamilan & Mempermudahkan persalinan


               kali ini saya akan berbagi pengalaman dan hasil dengar pendapat (kayak anggota MPR aja ya,he) dari para orang tua dan sedikit hasil googling dan juga contekan konsultasi ke Bidan (he....) mengenai cara menjaga kehamilan agar proses persalinan lebih mudah dan InsyaAllah tannpa halangan. check it out !
  1. Konsultasikan diri anda ke Bidan atau dokter pribadi anda dan buatlah jadwal konsultasi teratur.
  2. Mengkonsumsi menu makanan sehat bergizi dan berimbang dan menambahkanya 300 – 500 kalori lebih banyak daripada sebelum kehamilan anda. 
  3. Konsumsi vitamin prenatal (untuk membantu mencegah cacat lahir tertentu dan terus mereka selama kehamilan dan menyusui untuk perlindungan lanjutan dari kekurangan gizi), bisa didapat di bidan atau apotek 
  4. Tingkatkan komunikasi yang intens dengan pasangan anda agar tercipta jalinan hubungan yang biasanya agak sedikit berubah. 
  5. Sempatkan diri untuk mencari tambahan wawasan tentang kehamilan kepada orang tua atau mertua serta ibu – ibu lain. 
  6. Rawat alat reproduksi anda lebih intensif 
  7. Perbanyak mengkonsimsi air putih ( 6 – 8 gelas perhari) 
  8. Berdoa dan Perlama waktu sujud anda di waktu shalat untuk normalisasi posisi kandungan (kandungan mengikuti arah gravitasi). 

semoga Tips & Trik ini bermanfaat ya.... (kalau kurang, mohon ditambahkan di box komentar, agar lebih mantafff dan berguna bagi yang membutuhkan)

20120320

Tomcat : Hama Berbahaya Tapi Tidak Mematikan

          Setelah menyerang Australia dan sebagian daerah di Malaysia, kini Tomcat menyerang Indonesia, yaitu didaerah surabaya dan sekitarnya. belum hilang dari ingatan sebelumnya negeri ini diserang oleh milyaran ribu hama ulat bulu kini kembali diserang hama tanaman lain yaitu Tomcat. 


          Tomcat atau Kumbang Pederis (kumbang Paederus) adalah hama tanaman yang mengeluarkan racun pederis yang predator wereng coklat dalam siklus rantai makanan. dalam keadaan normal, Tomcat sangat berguna karena menjadi pengontrol wereng coklat disawah apalagi saat musim panen tiba. penyerangan oleh Tomcat ini menurut Peneliti dari LIPI disebabkan karena adanya ketimpangan dan kerusakan dalam ekosistem khususnya ekosistem sawah sehingga menyebabkan usaknya rantai dan jaringan makanan. 
         Menurut mereka lagi kumbang pederis ini tidak mematikan. para penderita yang pernah diserang ketika digigit tidak merasa sakit dan akan merasakan efeknya setelah beberapa lama yaitu rasa perih disertai kulit merah dan melepuh. namun jangan panik jika terkena racun pederis tersebut, segera cuci dengan sabun dan jika telah mengalami kelepuhan pada kulit segeralah ke balai pengobatan terdekat. selain itu hama ini dapat dilumpuhkan dengan menggunakan bahan yang murah dan mudah didapat di sekitar kita.

          Hama ini dapat dikendalikan dengan pestisida nabati ramah lingkungan dengan bahan Daun Mimbau, Laos dan Serai. adapun cara membuatnya adalah dengan cara mencincang semua bahan tersebut sampai halus kemudian direbus menggunakan air sampai mendidih. setelah itu dinginkan dan diamkan hingga 1 atau 2  hari agar terjadi fermentasi. barulah setelah pendiaman itu ampas di peras dan disaring dan bisa disemprotkan ke hama Tomcat. selain murah dan mudah membuatnya, pestisida nabati ini aman dan ramah bagi lingkungan. semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua.